Google Ads

26 Desember 2012

Minum Air jangan kebanyakan

Seringkali kita mendapat anjuran untuk lebih banyak minum air putih. sayangnya, kita jarang dianjurkan untuk 'tidak terlalu banyak minum air'. padahal minum air secara berlebihan sama bahayanya dengan kekurangan air..

Nah lo...serem gak tu?!

Air adalah penyusun utama tubuh kita. tak kurang dari 60% berat badan kita adalah air. agar proses-proses kimiawi dalam tubuh berjalan lancar, tubuh harus mengatur jumlah air yang ada di dalamnya. proses pengaturan jumlah air dalam tubuh dilakukan oleh ginjal.

Ginjal bekerja dengan sangat teliti. ginjal mengeluarkan air dalam bentuk urine, sebagai sisa pembakaran dalam tubuh sekaligus untuk menjaga konsentrasi garam dalam tubuh. saat tubuh kekurangan air, ginjal akan mengurangi produksi urine nya. Demikian pula saat yubuh kelebihan air, kita akan mengeluarkan urine lebih banyak.

LALU BAGAIMANA KELEBIHAN AIR BISA MEMBAHAYAKAN??



Hal ini terkait dengan konsentrasi garam dalam tubuh. Tubuh memiliki konsentrasi garam (natrium? dengan nilai tertentu. ketika konsentrasi tersebut menurun terjadilah HYPONATREMIA. Hyponatremia (kadar natrium darah yang rendah) adalah kondisi dmna konsentrasi natrium lebih kecil dari 136 mEq/L darah. Konsentrasi natrium darah menurun jika natrium telah dilarutkan oleh terlalu banyaknya air dalam tubuh. Dan minum terlalu banyak dari kemampuan ginjal untuk mengeluarkan cairan, bisa memicu pengenceran natrium.

Otak sangat sensitif terhadap perubahan konsentrasi natrium darah. karena itu gejala awal dari hiponatremia adalah letargi (keadaan kesadaran yang menurun seperti tidur lelap, dapat dibangunkan sebentar tetapi segera tertidur kembali)

Jika berlanjut, hiponatremia dapat menyebabkan otot-otot menjadi kaku dan terjadi kejang. Pada kasus yang sangat berat, akan diikuti dengan stupor (penurunan kesaran sebagian) dan koma.

Jadi sebaiknya, minum sesuai kebutuhan tubuh saja. Berapa banyak seharusnya kita minum air? idealnya seberapa banyak keringat dan urine yang kita keluarkan, sebanyak itulah kita minum. Tapi karena susah menghitungnya, kembali pada cara alami yang paling mudah, yaitu minumlah jika haus, dan secukupnya.

jangan memaksakan minum air terlalu banyak yang dapat membuat anda merasa kembung. Untuk mengetahui kita cukup cairan atau tidak, bisa dilihat dari warna urine kita, warna yang baik adalah jernih.

Sumber : Inesmanis

Tidak ada komentar: